Informasi Lengkap ?   0877-7594-4922

Membedah Green Building Kementerian PUPR

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembangkan serta melaksanakan green building dan green site di Kampus Kementerian PUPR. Pengembangan kampus PUPR diarahkan ke ruang terbuka hijau (RTH) yang lebih besar.

Selain itu, dilakukan juga pengembangan zero run off, pembatasan sirkulasi kendaraan bermotor, jalur pejalan kaki yang terintegrasi termasuk untuk difabel, pengembangan sistem mekanikal, elektrikal, plumbing (MEP), serta manajemen persampahan yang terintegrasi.

Berbagai penghargaan telah diraih atas komitmen penerapan green building tersebut, di antaranya Kementerian PUPR meraih Penghargaan Efisiensi Energi Nasional Ke-4 Tahun 2015 (PEEN Ke-4 Tahun 2015) sebagai Juara I Sub Kategori Gedung Hijau.

Sebelumnya, Gedung Kementerian PUPR juga telah mendapatkan sertifikasi Greenship Gold, bersama-sama dengan German Center di Serpong BSD dan Kampus ITSB di Bekasi. Greenship merupakan perangkat tolok ukur bangunan hijau di Indonesia yang disusun oleh Green Building Council Indonesia (GBCI).

Gedung Utama Kementerian PUPR dibangun dengan konsep green building dengan estimasi penghematan listrik sekira 40%. Desain keseluruhan gedung lebih mengandalkan penerangan alami dari sinar matahari pada siang hari dan juga menerapkan sensor penerangan otomatis yang akan memadamkan lampu ketika tidak ada orang di setiap ruangannya.

Gedung yang terdiri dari 17 lantai ini juga menerapkan sistem daur ulang penggunaan air untuk menghemat konsumsi. Selain ruangan kantor, setiap lantainya juga dilengkapi dengan toilet, musala dan tempat wudu, pantry, serta ruangan ibu dan anak (nursery) untuk memberikan kenyamanan pegawai yang membawa balita seperti keperluan menyusui atau pumping.

Bagi pegawai yang tidak bisa meninggalkan anaknya di rumah, Kementerian PUPR juga memberikan fasilitas tempat penitipan anak yang nyaman dan dekat dengan lingkungan tempat kerja para pegawai.

Selain hemat energi, lingkungan Kampus PUPR juga didesain ramah bagi penyandang difabel dengan dibangunnya jalur landai dan jalur kuning tunanetra di area pejalan kaki, serta memiliki taman dengan bangku-bangku sebagai ruang terbuka hijau.

Sementara, di area basement gedung utama di Kementerian PUPR, selain difungsikan untuk parkir kendaraan roda dua, tempat tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas pusat kebugaran dan area latihan pertunjukan seperti pergelaran wayang.

Untuk masalah keamanan, saat ini seluruh gedung di Kampus PUPR telah dilengkapi dengan sensor kartu akses masuk sehingga setiap tamu yang datang harus menukarkan tanda pengenalnya dengan tanda pengenal tamu agar dapat terdata. Setiap lantai pada gedung utama, Kampus Kementerian PUPR juga dilengkapi dengan pintu keluar darurat.

Green building dan green site bukan hanya merupakan kontribusi nyata Kementerian PUPR dalam menurunkan emisi gas rumah kaca, tetapi juga upaya memberikan prototipe gedung dan site milik pemerintah yang ramah lingkungan, modern, dan visioner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Bagi anda yang akan menggunakan jasa kami dapat langsung menghubungi kami via chat.